Sabtu, 11 Oktober 2014

RAGAM DAN LARAS BAHASA INDONESIA


Pengertian Ragam dan Laras bahasa Indonesia

Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara.
Yaitu bisa dibagi 3 berdasarkan media, cara pandang penutur, dan topik pembicaraan.
Ø  Ragam bahasa berdasarkan media
o   ragam lisan
o   ragam tulis
Ø  Ragam bahasa berdasarkan cara pandang penutur
o   ragam dialek,
o   ragam terpelajar,
o   ragam resmi
o   ragam tak resmi.
Ø  Ragam bahasa Indonesia berdasarkan topik pembicaraan
o   ragam hukum
o   ragam bisnis
o   ragam agama
o   ragam sosial
o   ragam kedokteran
o   ragam sastra.  

Laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya. Dalam hal ini kita mengenal iklan, laras ilmiah, laras ilmiah populer, laras feature, laras komik, laras sastra, yang masih dapat dibagi atas laras cerpen, laras puisi, laras novel, dan sebagainya.
Macam-macam laras bahasa antara lain sebagai berikut :
Ø  Laras ilmiah
Ø  Laras sastra (puisi, cerpen, novel, dll.)
Ø  Laras jurnalistik (berita, editorial, iklan, dll.)
Ø  Laras hukum
Ø  Laras kedokteran
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.


CONTOH RAGAM DAN LARAS DI LINGKUNGAN SEHARI HARI.

Contoh:
Ragam dialek              : “Gue udah baca itu buku ”
Ragam terpelajar         : “Saya sudah membaca buku itu”
Ragam resmi               : “Saya sudah baca buku itu”
Ragam tak resmi         : “Udah saya baca buku itu”

Laras Bahasa Tidak Resmi

Laras Bahasa Resmi

Laras Bahasa Non Baku
Laras Bahasa Baku

Laras Bahasa Populer

Laras Bahasa Kajian
Lo mau makan apa, Di?

Gue bakso dong ama es teh.
Anda mau makan apa?

Saya mau makan bakso dan minum es teh.

Surat ini buat ibuku.

Sandal bikinan    dalam negeri.

Surat ini untuk ibuku.

Sandal buatan       dalam negeri.
Menurut hasil pemeriksaan dokter, A menderita sakit asma.

Saya orang yang tak tahu apa-apa tentang komputer
Menurut diagnosis dokter, A menderita penyakit asma.

Saya orang awam
terhadap komputer.






SOURCE




Tidak ada komentar:

Posting Komentar