Senin, 27 April 2015

PROGRES PENULISAN ILMIAH ( ANALISA TRANSFER DATA MULTIMEDIA MENGGUNAKAN NFC PADA MEDIA SMARTPHONE )

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang paling mudah untuk dijangkau dan paling cepat dalam proses komunikasi. Meskipun jarak jauh manusia tetap dapat berkomunikasi pada waktu itu juga. Sebelum adanya handphone manusia yang mempunyai keluarga jauh atau bahkan di luar negeri tidak bisa berkomunikasi secara langsung. Mereka menggunakan surat untuk saling berkomunikasi surat itu juga belum tentu sampai pada hai itu juga. Fitur-fitur handphone pun sekarang semakin lengkap dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, orang-orang mengembangkan teknologi handphone yang dulunya hanya di gunakan untuk berkomunikasi, sekarang juga bisa di gunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas lain di dalam handphone tersebut. Salah satu fitur handphone keluaran terbaru pasti memiliki perangkat sharing atau perangkat berbagi. Perangkat ini memudahkan dalam hal berbagi data dengan orang lain.
 Perangkat berbagi bergerak (mobile sharing) yang pertama di kenal di Indonesia yaitu infrared. Dalam dunia telekomunikasi Infrared dikembangkan sebagai penghubung antar perangkat berjarak pendek melalui LED yang tertanam. Seiring meningkatnya kebutuhan file sharing yang lebih besar maka diciptakan Bluetooth. Jika pada Infrared kita harus meletakan setiap perangkat pada jarak yang sangat dekat sekali untuk mengirimkan suatu data. Dengan Bluetooth jarak perangkat bisa lebih fleksibel dan pengiriman data bisa lebih cepat. Bluetooth menggunakan frekuensi radio khusus untuk mengirim data lebih cepat dan efektif daripada Infrared. Tak sampai situ saja, ternyata teknologi lainnya hadir dan diaplikasikan di berbagai perangkat Mobile seperti Wi-Fi atau Wireless Fidelity. Wi-Fi meneruskan kinerja pendahulunya dengan kinerja yang lebih baik, jarak yang lebih jauh dan kecepatan yang tinggi dalam mengirmkan data. Teknologi Mobile sharing yang hadir saat ini adalah Near Field Communication (NFC) yang memungkinkan penggunanya bisa saling mengirimkan file tanpa bantuan kabel dan bermain game dengan tingkat keamanan yang lebih baik. Caraa penggunaan NFC sendiri bisa digabungkan dengan Bluetooth ataupun Wi-Fi sesuai dengan fungsi dan kecepatan yang dibutuhkan.

1.2 Batasan Masalah
Batasan masalah pada penulisan ilmiah ini sesuai dengan latar belakang masalah yang telah diterapkan diatas dalam hal, menerangkan pengenalan Near Field Communication (NFC), Bluetooth, dan Wi-Fi serta menerangkan cara pengirimannya, serta menerangkan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, dan keuntungan dari pemanfaatan teknologi ini.


1.3 Tujuan Penulisan
Dapat memberi informasi tentang transfer data dengan menggunakan media NFC dan juga dapat menerapkan system keamanan dalam melakukan transfer data yang lebih baik dengan menggunakan NFC.

1.4 Metode penelitian
·         Studi Pustaka
Mengurai teori-teori yang valid dan menunjang penelitian, baik melalui buku-buku, jurnal, maupun media internet.

·         Ujicoba
Uji coba dilakukan demi mendapatkan analisis yang tepat dari NFC dalam hal pertukaran file atau data, dan membuat kesimpulan.

1.5 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam melakukan penulisan dan memahami isi dari penulisan ilmiah ini, maka penulisan dalam empat bab yaitu :

BAB I :           Pendahuluan, menguraikan dan menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II:           Landasan Teori, menerangkan pengertian secara umum tentang media              pertukaran data serta teori-teori yang dibutuhkan dalam guna mendukung analisa ini.

BAB III :        Analisa dan pembahasan, menjelaskan tentang analisa masalah yang ingin diketahui, pembuktian teori yang di dapat, perbandingan beberapa hal sesuai dengan batasan masalah yang telah di tentukan agar mendapatkan hasil dari tujuan analisa yang diinginkan.

BAB IV :        Penutup, bab ini berisi kesimpulan dari pembahasan yang telah di kemukakan dalam bab sebelumnya, dalam hal ini adalah kelebihan serta kekurangan dari perangkat berbagi NFC, dan saran yang mengarah kepada penyempurnaan dari apa yang telah di sajikan dalam penulisan ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar